PEKALONGAN – Kelompok warna-warni Indonesia beranggotakan warga di Jakarta, kemarin berkunjung ke Pekalongan, Batang dan Tegal. Kedatangan mereka dalam upaya untuk menghidupkan potensi-potensi pariwisata dan kehidupan budaya masyarakat Tanah Air. Rombongan yang dipimpin Nina Akbar Tanjung, tersebut di Kota Pekalongan diterima Walikota HM Basyir Ahmad di rumah dinas dan melakukan jamuan makan siang serta melihat potensi batik.

Batik Pekalongan sekarang populer di Tanah Air, sehingga Warna-warni Indonesia sebagai salah satu kelompok peduli potensi daerah ingin melihat secara langsung perkembangan di daerah. “Kegiatan yang kami lakukan tahun ini melihat potensi batik yang sekarang sedang populer di Tanah Air. Di daerah tersebut, kami sekaligus melihat peninggalan-peninggalan kereta api,” kata Nina.

Tidak hanya di Pekalongan, karena di Tegal dan Batang yang memiliki perkebunan, Warna-warni Indonesia juga meluangkan waktu berkunjung ke dua daerah tersebut. Sekaligus sebagai agenda perjalanan potensi daerah pada tahun 2013.

Fokus Kegiatan

Menurut Nina, kegiatan yang dilakukan kelompoknya diharapkan dapat menularkan pengetahuan kepada anak cucu bangsa. Sebab tanpa adanya pengetahuan dari orang-orang tua, anak cucu tidak akan mengetahui potensi Tanah Air yang beragam.

“Seperti saat kami ke pusat Batik di Pekalongan, kemudian Pagilaran Batang dan Tegal dengan potensi the. Jadi pada 2013 ini fokus kegiatan kita memang di Pekalongan dan daerah sekitar,” kata istri Akbar Tanjung, yang membawa 100 anggota tersebut. Walikota HM Basyir Ahmad menambahkan, tamu yang sering datang di Kota Pekalongan diharapkan dapat menambah popularitas potensi-potensi daerah serta meningkatkan kunjungan wisata. (H52-74)

 

Sumber: Suara Merdeka, 25-11-2013

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Log in with your credentials

Forgot your details?